Sabtu, 25 Mei 2013

Profil Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram

TUJUAN
Program Studi Pendidikan Kimia sebagai bagian dari Jurusan Pendidikan IPA FKIP Unram mulai dibuka pada tahun 1997. Tujuan dibukanya Program Studi ini tidak hanya mempersiapkan tenaga pendidik, namun lulusannya juga diharapkan mempunyai kemampuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuannya baik untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi maupun untuk menggali SDM dan SDA yang ada sangkut pautnya dengan bidang ilmu Kimia.

LAMA STUDI
Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Unram menyelenggarakan program pendidikan Sarjana (S-1) dengan muatan kurikulum minimal sebanyak 148 SKS yang  bisa diselesaikan dalam jangka waktu 8 – 14  semester.

TENAGA PENGAJAR
Dengan tenaga pengajar sebanyak 23 orang yang berkualifikasi pendidikan doktor (S-3) sebanyak 5 orang, 11 orang magister (S-2)  dan sarjana (S-1)  sebanyak 7 orang, Program Studi Pendidikan Kimia siap melaksanakan kegiatan belajar mengajar  untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas.

FASILITAS
Laboratorium Kimia

PROSPEK LULUSAN
Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Unram disiapkan sebagai tenaga ahli kependidikan di bidang Kimia yang lulusannya siap bekerja baik sebagai tenaga pengajar, tenaga pengelola laboratorium maupun  bidang-bidang lain yang sesuai dengan bidang keahliannya. Selain itu, dengan kurikulum yang cukup memadai, lulusan Program Studi Pendidikan Kimia juga siap berkompetisi sebagai tenaga ahli di bidang lain yang sesuai, misalnya sebagai tenaga analis kimia, peneliti di bidang kimia maupun untuk menempuh pendidikan lebih lanjut.

PUBLIKASI INTERNASIONAL
Adapun Publikasi bertaraf Internasional yang dilakukan oleh dosen-dosen Program Studi Kimia adalah :
  1. Lowest excited states reorderingin (ARENE)M(CO)3 Where M=Cr or W, complexes. Indonesian Journal of Chemistry (2009).
  2. Perilaku solvatochromic dan pengaruh substituent pada serapan elektronik kompleks arenakarbonilkromium (0) Indonesian Journal of Chemistry (2008).
  3. Integriting CRC in Teaching Learning At Primary Shool In Indonesia. Impact & Disseminasion Seminar on Child Rights, Classroom & School Management (2009).
  4. Synthesis of Wax Esters from Palm Kernel Oil Catalyzed by Immobilized Lipase. Journal Mathematic and Science, In Press(2009).
  5. Wax Esters Production by Alcoholysis of Palm Oil Fractions. Indonesian Journal of Chemistry, 8 (3) 356-362 (2008).
  6. Four-Factor Response Surface Optimization of The Enzymatic Synthesis of Wax Esters from Palm Kernel Oil. Indonesian Journal of Chemistry, 8 (1) 83-100 (2008).
  7. Synthesis of Wax Esters from Palm Kernel Oil Catalyzed by Immobilized Lipase. Journal Mathematic and Science, In Press (2009).
  8. Wax Esters Production by Alcoholysis of Palm Oil Fractions. Indonesian Journal of Chemistry, 8 (3) 356-362 (2008).
  9. Four-Factor Response Surface Optimization of The Enzymatic Synthesis of Wax Esters from Palm Kernel Oil. Indonesian Journal of Chemistry, 8 (1) 83-100 (2008).
  10. Prenilated Flavone from the Heardwood Artocarpus scortechinii King. Indonesian Journal Of Chemistry (2009).
  11. Scrining Phytochemistry on The Hertwood and The Root Bark of The Artocarpus camansi (Moraceae. Proceeding of The Third International Seminar on Science Education ISBN (2009).
  12. Sintesis dan Karakteriasasi Material Oksida Lao, 8Sro, 2Gao, 8Mgo, 2-xVx3- (X=0,0,5, 0,15) Untuk Elektrolit Pada Sel Bahan Bakar Padatan. The Second International Conference on Matehematics and Natural Sciences (ICMNS), Bandung. (2008).
  13. Composite Energetic Materials Involving NTO Formed by Molecular Inclusion. Proceeding of The 9th Australian Explosive Ordnance Symposium, Australia (2009).
  14. Inclusion of Nitrotriazole Within Nitrated Moleculareceptor. The first Australian Symposium of Energetic Materials, Australia (2008).

0 komentar:

Posting Komentar